Rabu, 16 September 2020

Syarat Media Pertumbuhan Baik, Media Berdasarkan Komposisi dan Kesamaan Berbagai Macam Media Pertumbuhan Bakteri (mikroba)

 A. Syarat media yang baik adalah:

a.    Mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dan mudah dicerna mikroba (makronutrien, mikronutrien, air, karbon dan nitrogen).

b.    Mempunyai pH, tekanan osmose, dan tegangan permukaan yang sesuai

c.    Steril (tidak mengandung kontaminan yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba, maupun mengaburkan atau menurunkan kualitas pengamatan mikroba murni).


B. Media berdasarkan komposisi dibagi menjadi:

a.    Media alami

merupakan media yang disusun dari bahan-bahan alami dimana komposisinya yang tidak dapat diketahui secara pasti dan biasanya langsung diekstrak dari bahan dasarnya seperti: wortel, nasi, darah, susu, kentang, tepung, daging, telur, ikan sayur, dsb. Contohnya: Tomato juice agar.

b.    Media semi-alamiah

merupakan media yang disusun dari bahan-bahan alami (yang tidak diketahui secara tepat komposisinya) dan bahan-bahan sintesis (diketahui secara tepat komposisinya). Contohnya: PDA (menggunakan kentang segar), TEA, MEA.

c.    Sintetik/ buatan

media yang disusun dari senyawa kimia yang jenis dan takarannya diketahui secara pasti. Contohnya : Mac Conkey Agar.


C. Kesamaan Berbagai Macam Media Petumbuhan

Tiap media meski berbeda fungsi tetapi memiliki kesamaan yaitu nutrisi pada tiap media  yaitu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dan mudah dicerna mikroba seperti makronutrien (carbon (C), nitrogen (N), hydrogen (H), oxygen (O), phosphorus (P), sulfur (S)), mikronutrien Iron (Fe), Zink (Zn), vitamin, asam amino, purin, pirimidin, atau senyawa organik lainnya, air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  FASE E, ELEMEN KE-3 DASAR-DASAR KIMIA ANALISIS Profesi Dan Peluang Usaha Di Bidang Industri Kimia Analisis        Profesi di Bidang ...