Selasa, 21 Juli 2020

Persiapan Sampel Bahan Alam/ Proses Industri


Persiapan Sampel Bahan Alam/ Proses Industri

KD 3.1 Menerapkan Persiapan Sampel Bahan Alam/ Proses Industri


Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan sampel analisis yaitu pengertian populasi,   sampel, prinsip pengambilan sampel (sampling), karakteristik   bahan, faktor yang berpengaruh, petugas    pengambil  sampel/ sampel (PPC)   dan  informasi  lainnya  yang  diperlukan    terkait kegiatan sampling misalnya   bentuk sampel curah (butiran, cairan, semi padat) dan bahan bentuk terkemas ( karung, drum, kardus,  peti, botol ).

A.  Pengertian Populasi
Populasi merupakan keseluruhan  bagian  yang  akan  kita  amati/ teliti.    Kesimpulan dari suatu analisis populasi yang mendekati kebenaran/ mewakili populasi diawali dengan pengambilan sampel yang benar dan tepat.

B.   Sampel
Sampel merupakan kata serapan dari Bahasa Inggrisnya sample yang berarti sampel atau sampel, yakni   sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi (lot). Sehingga saampel merupakan suatu himpunan bagian  dari  populasi.  Oleh karenanya,  tidak akan  ada sampel jika tidak ada populasi. Sampel yang diambil dari populasi dibedakan menjadi tiga jenis yaitu sampel benar, sampel bias dan sampel palsu.

C.  Prinsip Pengambilan Sampel (Sampling)


Prinsip pengambilan sampel atau disebut dengan sampling adalah pengambilan  bagian  dari  populasi  bahan yang akan dianaisis/ diteliti dengan syarat tiap anggota populasi berpeluang sama untuk terambil menjadi sampel. Sampling dilakukan secara acak/ random. Pengacakan adalah suatu cara untuk memperoleh sampel yang mewakili/ representative terhadap  populasi. Pengacakan dapat dilakukan dengan mengundi   setiap anggota populasi   untuk dijadikan sampel atau dengan menggunakan tabel bilangan acak.

D.  Karakteristik   Bahan
Karakteristik bahan ini meliputi karakter secara   fisik,   kimiawi,       dan mikrobiologisnya. Karakteristik bahan tersebut dipertahankan pada waktu penyimpanan/ penanganan agar mendapatkan data hasil pengujian   yang  maksimal   mau  mendekati   kebenaran sehingga mewakili populasinya/ representatif. Pengambilan sampel cairan dan semi padat berdasarkan SNI  19-0429-1989 diklasifikasikan seperti berikut ini :

1.    Tanding Berbentuk Curah
Pada sampel tanding berbentuk  curah, bahan cairan ditempatkan  dalam wadah yang sangat besar (tangki penyimpanan),   perlu dilakukan pengadukan   agar bahan uji yang diambil sampelnya representatif atau dapat mewakili seluruh populasi yang diteliti. Teknis pengambilan sampel dilakukan   secara acak   dan untuk beberapa jenis   bahan cair telah ada aturan khususnya.   Misalnya untuk jenis minyak atsiri dan pelumas; penyimpanan pada wadah yang tertutup/ bersumbat rapat yang bersih dan kering serta terbuat dari bahan yang tidak mempengaruhi  sampel bahan uji secara kimiawi; pembuatan data sampel bahan uji seperti waktu dan tanggal pengambilan, PCC, badan yang menugaskan, dan identifikasi dari sampel bahan tersebut.

2.    Tanding Berbentuk Terkemas
Pengangkutan dari lokasi sampel sampai ke laboratorium uji harus diperhatikan, pada  waktu  pengangkutan hindarkan dari hal-hal yang memungkinkan terjadinya sesuatu yang dapat merubah  kondisi  bahan tersebut. Inventaris sampel bahan uji yang akan disimpan harusnya dilakukan sesuai dengan sifat dan karakteristik sampel bahan tersebut, sehingga tidak akan merubah kondisi sampel  bahan  awal  pengujian  sampai  akhir  pengujian.

E.   Petugas    Pengambil  Sampel/ Sampel (PPC)
            Syarat yang harus dimiliki oleh PPC adalah jujur, cekatan, berpikir logis, berkerja sistematis. Seorang PPC apabila akan mengambil sampel dia harus mengetahui latar belakang populasi seperti asal populasi, deskripsi populasi, sifat dan karakter populasi, juga status kepemilikan. Perlu pula diketahi apakah populasi mempunyai data atribut atau data variabel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  FASE E, ELEMEN KE-3 DASAR-DASAR KIMIA ANALISIS Profesi Dan Peluang Usaha Di Bidang Industri Kimia Analisis        Profesi di Bidang ...